iklan banner gratis
iklan banner Cagub Jabar
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Deretan Nama Bakal Calon Gubernur Jabar 2024: Ada Anak Habibie, Ridwan Kamil, Iwan Bule dan Desy Ratnasari

Siapa Sajakah Kandidat Calon Gubernur Jawa Barat Yang Anda Kenal? Dan Siapa Saja Yang Sudah Dapat Rekomendasi dari Parpol Pendukungnya?

jabar-online.com, Sabtu 15 Juni 2024, 10:37 WIB, SidR

JAKARTA, JabarOL  — Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) atau Pilkada akan digelar serentak pada November mendatang. Salah satu prosesnya adalah Pemilihan Gubernur atau Pilgub untuk memilih para pemimpin baru di setiap provinsi. Jawa Barat (Jabar) menjadi salah satu provinsi dengan persaingan bakal calon gubernur (bacagub) yang dinamis dan ketat.

Jika elektoral pilkada berdasarkan PT (parliament treshold) dengan persyaratan minimal 20% PT, maka siapa sajakah yang berhak dan akan mendapat rekom (rekomendasi) dari partai politik pengusungnya?

Perlu diketahui bagaimana kah peta perolehan kursi DPRD Provinsi Jabar khususnya. Berikut perolehan kursi Dewan di Provinsi Jabar?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan perolehan kursi untuk DPRD Jawa Barat hasil Pemilu 2024. Dari penetapan itu, Partai Gerindra menjadi partai dengan kursi terbanyak, diikuti PKS, Golkar dan PDIP.

Dalam penetapan yang dilakukan lewat rapat pleno terbuka di kantor KPU Jabar Selasa (28/5/2024) malam, KPU menetapkan Partai Gerindra menempati urutan pertama dengan 20 kursi.

Di urutan kedua, ada PKS dan Partai Golkar yang sama-sama mendapat 19 kursi, baru kemudian PDIP dengan 17 kursi, PKB 15 kursi, Demokrat dan Nasdem 8 kursi, PAN 7 kursi, PPP 6 kursi dan PSI 1 kursi.


Meski hajatan politik elektoral itu baru berlangsung beberapa bulan lagi, namun sejumlah nama tokoh dikabarkan tertarik untuk bertarung dalam Pilgub Jabar 2024.

Lantas, siapa saja tokoh-tokoh yang dikabarkan akan maju sebagai bacagub Jabar? Berikut daftar nama bakal calon gubernur Jawa Barat yang beredar. Berikut perkiraan kandidat berdasarkan dukungan parpol berdasarkan urutan pemenang jumlah kursi terbanyak di DPRD Provinsi Jawa Barat.

1. Partai Gerindra 20 Kursi DPRD Provinsi Jabar

Partai Gerindra menyiapkan sejumlah kandidat untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat. Hingga saat ini, setidaknya ada tiga nama yang mencuat untuk maju di Pilgub November 2024 mendatang.

Sekretaris DPD Gerindra Jabar Abdul Harris Bobihoe mengatakan, tiga nama yang muncul sebagai kandidat calon gubernur berasal dari kader terbaik partai. Ketiga nama tersebut ialah Taufik Hidayat, Dedi Mulyadi dan Mochamad Iriawan (Iwan Bule).


Taufik Hidayat diketahui merupakan Ketua DPD Gerindra Jabar, sementara Dedi Mulyadi dan Iwan Bule adalah Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra.

"Ada tiga (nama), Dedi Mulyadi, Iwan Bule dan Pak Taufik Hidayat," kata Harris saat dihubungi, Jumat (5/4/2024).

Harris menjelaskan, dalam kontestasi Pilgub Jabar ini, Gerindra tidak membuka pendaftaran bakal calon secara terbuka. Menurutnya penjaringan dilakukan secara tertutup bagi kader terbaik partai berlambang Garuda ini.

"Kita tidak membuka pendaftaran bakal calon gubernur, nanti sistemnya tertutup, untuk penjaringan prosesnya pendekatan dengan semua bakal calon, kita ajak ngobrol seperti apa, kemudian kita proses dan diajukan ke ketua umum, nanti yang menentukan Pak Prabowo," jelasnya.

Dia juga menegaskan, Gerindra dipastikan bakal mengusung kadernya sebagai calon gubernur, bukan sebagai calon wakil gubernur. Itu karena perolehan suara Gerindra di Jawa Barat pada Pileg kemarin berada di urutan tertinggi.

"Pasti kita majukan kader dan kita akan pasti untuk memajukan untuk nomor 1," ujarnya.

Selain akan ditentukan oleh Ketum Prabowo Subianto, penentuan calon gubernur juga akan diambil berdasarkan hasil survei. Survei sendiri akan dilakukan untuk mengetahui kualitas dari para kandidat.

Politisi Partai Gerindra Dedi Mulyadi turut meramaikan wacana Pilgub Jabar 2024. Mantan Bupati Purwakarta dua periode ini mengatakan akan siap bertarung jika ditugaskan partai untuk maju pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024.

“Kalau diperintahkan Pak Sekjen, Ketua Umum Gerindra, tergantung perintah. Kalau diperintahkan, siap,” katanya melalui sambungan telepon, di Purwakarta, Jawa Barat, Senin, 11 September 2023, dikutip dari Antara.

Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule juga memberikan sinyal dirinya siap maju dalam Pilgub Jabar 2024. Hal itu disampaikan Iwan Bule saat menghadiri munggahan Forum Kuwu Kabupaten Cirebon (FKKC) menjelang Ramadan di Hotel Dedy Jaya, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Rabu, 15 Maret 2023.

Iwan Bule mengklaim sudah banyak menerima dukungan dari pihak lain untuk maju sebagai calon Gubernur Jabar. Sejumlah alasan yang mendasari dukungan bagi Iwan Bule, antara lain, dibesarkan di Jawa Barat, pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat dan Penjabat Gubernur Jawa Barat.

2. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mempersiapkan dua nama untuk diusung dalam kontes Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024. Mereka yaitu Ketua DPW PKS Jawa Barat, Haru Suandharu dan Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

"PKS sudah mengajukan untuk Pilgub Jabar ada Kyai Idris ya Wali Kota Depok dua periode, beliau sudah bersedia. Dan saya, karena kewajiban ya sebagai Ketua DPW jadi ya ada dua nama itu hasil konsultasi DPW. Tapi nanti terserah DPP," kata Ketua DPW PKS Jawa Barat, Haru Suandharu, dalam agenda Silakbar 1445 H di Sport Jabar Arcamanik, Minggu (19/5/2024).

3. Ilham Habibie
Ilham Habibie masuk dalam daftar nama bakal Calon Gubernur Jawa Barat. Putra mantan presiden Indonesia ketiga B.J. Habibie itu direkomendasikan oleh DPP Partai NasDem untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024.


“DPP Partai NasDem mengeluarkan beberapa nama rekomendasi bagi Calon Kepala Daerah tingkat Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024 kepada Putra Almarhum presiden ke-3 Indonesia, Ilham Akbar Habibie,” tulis keterangan dalam Instagram @nasdem.jabar, pada Rabu, 6 Juni 2024.

4. Ridwan Kamil
Mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengisyaratkan akan kembali berlaga di Pilkada Jawa Barat 2024. Kendati demikian, dirinya belum memastikan siapa pendampingnya kelak sebagai calon wakil gubernur.

“Koalisinya belum tentu, namanya wakil itu tergantung koalisi,” kata Ridwan Kamil di Gedung TP PKK Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa, 14 Maret 2023, dikutip dari Antara.

Menurut hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada Jumat, 7 Juni 2024, Ridwan Kamil menjadi bacagub Jabar yang paling mendominasi dari sejumlah kandidat lainnya.

Ridwan Kamil bersama kandidat calon walikota Bekasi dari partai Golkar, Nofel Saleh Hilabi.

“Ridwan Kamil mendapatkan suara 52,2 persen di Jawa Barat jika pemilihan kepala daerah dilakukan sekarang,” kata Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani dalam keterangan tertulis pada Jumat, 7 Juni 2024.

Bisa dianggap Ridwan Kamil akan didukungnoleh Partai Golkar ataupun Partai Gerindra. Tampak dari lobi-lobinya selama beberapa bulan terakhir.


5. Desy Ratnasari
Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jabar Desy Ratnasari menyatakan siap jika ditugaskan langsung oleh PAN untuk maju dalam Pilgub Jabar 2024. “(Kalau partai menugaskan maju di Pilkada Jabar 2024) Apa pun tugasnya, saya sebagai kader saya harus siap,” kata Desy Ratnasari di Pasar Kosambi Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Rabu, 22 Juni 2022, dikutip dari Antara.


Namun, Desy Ratnasari menuturkan belum ada hal-hal yang dibicarakan secara spesifik terkait dengan pilgub. Saat itu, DPW PAN Jabar masih fokus mempersiapkan rapat kerja daerah atau rakerda serentak.

6. Bima Arya
Selain Desy Ratnasari, DPP PAN dikabarkan akan mengusung mantan Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024. Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno mengatakan PAN telah menjalin komunikasi dengan partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Jawa Barat untuk mengusung kedua kadernya, yakni Desy Ratnasari dan Bima Arya.

Alasan PAN memilih kedua kader tersebut adalah karena memiliki popularitas yang baik di masyarakat. “Beliau, Desy dan Bima Arya masih dikenal baik masyarakat, popularitas mereka juga tinggi, tinggal kami menggabungkan kekuatan keduanya dengan calon yang diusung oleh partai politik KIM lain,” ucap Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari kutipan pesan Whatsapp kepada Tempo.co pada Senin 10 Juni 2024.

7. UU Ruzhanul Ulum
Mantan Wakil Gubernur Jabar pada periode 2018-2023, Uu Ruzhanul Ulum turut menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam kontestasi Pilgub Jabar 2024. Ia juga pernah menyatakan siap jika PPP menugaskan dirinya berpasangan dengan Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari.


“Kalau saya dengan siapa pun mangga (silakan). Dengan Desy pun saya siap, tergantung partai yang mengusung. Karena kalau saya punya keinginan, kalau partai tidak mengusung, ya apa boleh buat. Jadi saya dengan Desy pun siap. Atau pun siapa pun,” kata Uu di Gedung Sate Bandung, Senin, 8 Agustus 2022, dikutip dari Antara.

8. Ono Surono, ST.
Sedangkan dari DPD PDIP Provinsi Jawa Barat tokoh yang diusung sebagai calon gubernur 2024 adalah pengusaha koperasi terkenal, Ono Surono.

Ono Surono, S.T. (lahir 24 Agustus 1974) dikenal sebagai tokoh nelayan pantura. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Koperasi Perikanan Laut Mina Sumitra, sebuah koperasi perikanan yang terbesar di Jawa Barat dari segi produksi ikan laut. Saat ini ia menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dan menempati posisi sebagai Anggota Komisi IV. Jabatan politiknya saat ini sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat.


9. Syaiful Huda
Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda secara resmi mengumumkan maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024. “Bismillah saya siap maju di Pilgub Jabar 2024, untuk calon gubernur bukan calon wakil gubernur,” kata Syaiful Huda dalam acara buka bersama (bukber) media Jawa Barat di Kantor DPW PKB Jawa Barat, Kota Bandung, Sabtu, 15 April 2023, dikutip dari Antara.

Syaiful Huda menyampaikan alasan kenapa dirinya maju dalam Pilgub Jabar, yakni amanat forum Ijtima Ulama Jawa Barat di Tasikmalaya yang meminta segera mengumumkan nama kader yang akan diusung di Pilgub Jabar 2024. Alasan lainnya dikarenakan PKB di Jawa Barat dari pemilu ke pemilu raihan suaranya terus menunjukkan kenaikan. Belum lagi berdasarkan hasil survei internal mereka baru baru ini PKB mengalami kenaikan elektabilitas yang cukup tinggi.

10. Rhesa Yogaswara
Tokoh muda Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Rhesa Yogaswara siap maju dalam Pilgub Jabar 2024. Ketua DPW Barisan 8 Center (B8C) Jawa Barat ini mengaku bersiap maju dengan fokus memperhatikan pelaku UMKM, hingga petani, dan juga nelayan.

Rhesa maju dalam bursa calon gubernur Jabar didorong dan didukung oleh Ketua Umum B8C, Andrio Caesario, dan jajarannya. “Semoga kang Rhesa bisa membuat Jabar lebih baik dan mampu mengabdi serta berusaha yang terbaik untuk masyarakat Jabar. Kami menunjuknya untuk mewujudkan suara dan aspirasi masyarakat Jabar untuk mendorong Rhesa sebagai cagub 2024-2029,” kata Andrio, dikutip dari Antara.

11. Dada Rosada
Mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada menyatakan kesiapannya maju pada Pilgub Jabar 2024. Dada Rosada merupakan mantan terpidana kasus suap pengurusan perkara banding dana bantuan sosial Pemerintah Kota Bandung tahun 2009-2010. Ia mengatakan akan maju jika diminta oleh masyarakat. “Jika ada permintaan dari masyarakat, kenapa tidak mengambil tawaran politik tersebut,” katanya. [■]
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
banner